•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Learning

Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi UNESA

 
Card image

Course Description

This course discusses the implementation of basic social science concepts which include understanding humans as cultural creatures, humans and civilization, humans as individual creatures and social creatures, humans in diversity, equality and dignity, humans in morality and law, humans in science and technology and humans in their environment. Learning is carried out through lectures, discussions and case studies. .

Program Objectives (PO)

  • Menerapkan konsep pembelajaran IPS dalam merancang strategi pembelajaran ekonomi yang sesuai dengan perkembangan teknologi (C3)
  • Menganalisis permasalahan pembelajaran ekonomi dengan pendekatan interdisipliner ilmu sosial (C4)
  • Mengevaluasi efektivitas berbagai metode pembelajaran IPS dalam konteks pembelajaran ekonomi (C5)
  • Menciptakan media pembelajaran inovatif berbasis teknologi untuk pembelajaran ekonomi (C6)
  • Menerapkan prinsip manajerial dalam pengelolaan kelas pembelajaran ekonomi (C3)
  • Menganalisis struktur kurikulum IPS untuk mengidentifikasi kesenjangan dalam pembelajaran ekonomi (C4)
  • Mengevaluasi karya ilmiah dalam bidang pembelajaran ekonomi berdasarkan standar akademik (C5)
  • Menciptakan model pembelajaran ekonomi yang integratif dengan disiplin ilmu sosial lainnya (C6)
  • Menerapkan soft competency dalam menyelesaikan konflik pembelajaran di kelas ekonomi (C3)
  • Menganalisis pola kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi menggunakan pendekatan IPS (C4)

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Ilmu Pengetahuan Sosial.
    • Date  28 Agustus 2025

  • Pertemuan 2
    Menganalisis Perkembangan Ilmu-ilmu Sosial dan Ruang Lingkup Pembelajaran IPS pada Jenjang Pendidikan Menengah
    • Date  4 September 2025

  • Pertemuan 3
    Menganalisis Strategi Pembelajaran Dalam Mata Pelajaran IPS di Sekolah Menengah
    • Date  11 September 2025

  • Pertemuan 4
    Pengorganisasian Model Kurikulum Pembelajaran Terpadu dalam Ilmu Pengetahuan Sosial
    • Date  18 September 2025

  • Pertemuan 5
    Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Pembelajaran IPS Terpadu
    • Date  25 September 2025

  • Pertemuan 6
    Memproyeksikan Implementasi Pembelajaran IPS Terpadu
    • Date  2 Oktober 2025

  • Pertemuan 7
    Menganalisis Implikasi Pembelajaran IPS Terpadu
    • Date  9 Oktober 2025

  • Pertemuan 8
    UTS
    • Date  16 Oktober 2025

  • Pertemuan 9
    Pendekatan Kontekstual (CTL) Dalam Pembelajaran IPS Terpadu
    • Date  30 Oktober 2025

  • Pertemuan 10
    Pendekatan Konstrukitivistik Dalam Pembelajaran IPS Terpadu SMP/MTs
    • Date  6 November 2025

  • Pertemuan 11
    Strategi Pembelajaran Inkuiri Dalam Pembelajaran IPS Terpadu pada Jenjang Pendidikan menengah
    • Date  13 November 2025

  • Pertemuan 12
    Strategi Pembelajaran Afektif (SPA) Dalam Pembelajaran IPS Terpadu pada Jenjang Pendidikan Menengah
    • Date  20 November 2025

  • Pertemuan 13
    Praktik jejaring laba-laba dalam pembelajaran tematik
    • Date  27 November 2025

  • Pertemuan 14
    Praktik Model pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPS
    • Date  27 November 2025

  • Pertemuan 15
    Praktik Penyusunan Teknik penilaian yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPS
    • Date  11 Desember 2025

  • Pertemuan 16
    Draf Final Perangkat Pembelajaran Mendalam dalam Pembelajaran IPS pada Jenjang Sekolah Menengah
    • Date  18 Desember 2025

Lecturer

RIZA YONISA KURNIAWAN
RIZA YONISA KURNIAWAN
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

DEVANGGA PUTRA ADHITYA PRATAMA
DEVANGGA PUTRA ADHITYA PRATAMA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Ekonomi
  • Semester7
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10