Course Description
Providing prospective teachers and/or in-service teachers about the basic concepts of education, human nature and its development, the foundations of education, education as a system, the national education system, teachers as a profession, educational problems, educational innovation in Indonesia, and character education both at school and in outside school
Program Objectives (PO)
- Mahasiswa mampu menunjukkan sikap beretika, bertanggung jawab, inklusif, dan kolaboratif dalam memahami dan mengkaji konsep dasar pendidikan serta penerapannya dalam konteks pembelajaran Biologi.
- Mahasiswa mampu melakukan refleksi pembelajaran, menunjukkan kemampuan belajar sepanjang hayat, serta mengembangkan wawasan tentang peran IPA/Biologi dalam membentuk hasil belajar yang komprehensif (sikap, pengetahuan, keterampilan).
- Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar pendidikan, meliputi pengertian, tujuan, fungsi pendidikan; tujuan pendidikan nasional; paradigma baru pembelajaran; hakikat kurikulum; media dan sumber belajar; taksonomi tujuan pendidikan; peran pendidikan dalam kehidupan dan dalam konteks pendidikan Biologi.
- Mahasiswa mampu menganalisis secara kritis berbagai konsep pendidikan—termasuk tujuan pendidikan nasional, paradigma pembelajaran, kurikulum, peran guru profesional, serta relevansinya dengan pembelajaran Biologi termasuk PJOK sebagai bagian dari konteks pendidikan nasional.
- Mahasiswa mampu mengaplikasikan konsep kurikulum dan pembelajaran untuk merancang komponen awal perangkat pembelajaran (misalnya analisis tujuan pembelajaran, media, sumber belajar, dan struktur dasar Silabus/RPP) pada pembelajaran Biologi.