Mata kuliah Evaluasi Pembelajaran Bidang PTK (Pendidikan dan/atau Pelatihan Kejuruan) ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan kompetensi dalam merancang, melaksanakan, menganalisis, dan menginterpretasi asesmen pembelajaran pada konteks pendidikan dan pelatihan kejuruan. Fokus utama mata kuliah ini adalah penguasaan konsep asesmen modern berbasis pengukuran pendidikan, pemanfaatan pendekatan psikometri komputasi, serta penerapannya dalam pengembangan instrumen evaluasi pembelajaran yang valid dan reliabel.
Mahasiswa akan mempelajari hubungan antara desain pembelajaran dan asesmen, teknik penyusunan tugas asesmen yang autentik, serta prinsip-prinsip dasar psikometri termasuk estimasi reliabilitas, validitas isi, dan reliabilitas antarpenilai. Selain itu, mahasiswa akan dilatih melakukan analisis karakteristik butir soal baik bersifat dikotomi maupun politomus menggunakan teori tes klasik (TTK), serta mempelajari teori respons butir (IRT) khususnya Model Rasch dan Partial Credit Model untuk memahami karakteristik butir dan kemampuan peserta didik secara lebih komprehensif.
Mata kuliah ini juga membahas konsep fungsi informasi dalam IRT, serta integrasi asesmen berbasis komputer, termasuk Computer-Based Testing (CBT) dan Computer Adaptive Testing (CAT). Melalui tugas-tugas analitis, mahasiswa akan memperoleh pengalaman praktis dalam melakukan analisis butir menggunakan perangkat komputasi dan menginterpretasi hasilnya untuk perbaikan instrumen asesmen, peningkatan kualitas pembelajaran, serta pengambilan keputusan yang berbasis data.
Secara keseluruhan, mata kuliah ini bertujuan untuk membentuk calon pendidik dan pengembang asesmen yang mampu merancang dan mengevaluasi instrumen pembelajaran secara komprehensif dan berbasis evidence, sesuai kebutuhan pada ranah pendidikan dan pelatihan kejuruan.