Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini UNESA
Course Description
The Music Learning Development course is designed to provide an in-depth understanding of strategies and methods for developing early childhood music learning. The main focus of this course is to equip students with the knowledge and skills necessary to design effective and powerful music learning experiences. Learning strategies use lecture methods, project based learning, group discussions and simulations.
Program Objectives (PO)
Mahasiswa dapat merinci dan menganalisa unsur-unsur dasar seni dalam suatu karya seni
Mahasiswa dapat merinci dan menganalisa unsur-unsur dasar seni dalam suatu karya seni
Mahasiswa dapat merancang rencana pembelajaran seni yang mencakup kegiatan kreatif dan inovatif, dan merancang instrumen penilaian yang relevan dan sesuai dengan tujuan pembelajaran seni.
Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan berbagai bentuk seni tradisional dan kontemporer.
Mahasiswa dapat merinci prinsip-prinsip dasar pembelajaran musik yang sesuai dengan perkembangan anak usia dini.
Mahasiswa dapat memilih dan menentukan medote pembelajaran musik kolaboratif bagi anak usia dini.
MahasiswadapMahasiswa dapatmerancang danmelaksanakan proyekseni kolaboratif, dan menyusun rencana pembelajaran musik yang responsif terhadap kebutuhan siswa dengan keberagaman.at mengenali dan menyusun daftar akord-akord yang digunakan dalam karya musik.
Mahasiswa dapat menghasilkan ide-ide kreatif yang relevan dengan konsep proyek, menunjukkan pemahaman terhadap unsur-unsur musik yang terlibat.
Mahasiswa dapat menghasilkan ide-ide kreatif yang relevan dengan konsep proyek, menunjukkan pemahaman terhadap unsur-unsur musik yang terlibat.
Mahasiswa menyusun materi buku kegiatan pembelajaran musik anak usia dini berdasarkan pengalaman dan hasil kreatif
UAS
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Merinci dan menganalisa unsur-unsur dasar seni dalam suatu karya seni
Date 7 Februari 2024
Pertemuan 2
Merinci dan menganalisa unsur-unsur dasar seni dalam suatu karya seni
Date 14 Februari 2024
Pertemuan 3
Merancang rencana pembelajaran seni yang mencakup kegiatan kreatif dan inovatif, dan merancang instrumen penilaian yang relevan dan sesuai dengan tujuan pembelajaran seni.
Date 21 Februari 2024
Pertemuan 4
Dan menjelaskan berbagai bentuk seni tradisional dan kontemporer.
Date 28 Februari 2024
Pertemuan 5
Merinci prinsip-prinsip dasar pembelajaran musik yang sesuai dengan perkembangan anak usia dini.
Date 6 Maret 2024
Pertemuan 6
Memilih dan menentukan medote pembelajaran musik kolaboratif bagi anak usia dini.
Date 13 Maret 2024
Pertemuan 7
Dap merancang dan melaksanakan proyek seni kolaboratif, dan menyusun rencana pembelajaran musik yang responsif terhadap kebutuhan siswa dengan keberagaman.at mengenali dan menyusun daftar akord-akord yang digunakan dalam karya musik.
Date 20 Maret 2024
Pertemuan 8
Topik diskusi 1-7
Date 27 Maret 2024
Pertemuan 9
Ide-ide kreatif yang relevan dengan konsep proyek, menunjukkan pemahaman terhadap unsur-unsur musik yang terlibat.
Date 3 April 2024
Pertemuan 10
Ide-ide kreatif yang relevan dengan konsep proyek, menunjukkan pemahaman terhadap unsur-unsur musik yang terlibat.
Date 10 April 2024
Pertemuan 11
Menyusun materi buku kegiatan pembelajaran musik anak usia dini berdasarkan pengalaman dan hasil kreatif
Date 17 April 2024
Pertemuan 12
Merancang dan melaksanakan proyek seni kolaboratif, dan menyusun rencana pembelajaran musik yang responsif terhadap kebutuhan siswa dengan keberagaman, mengenali dan menyusun daftar akord-akord yang digunakan dalam karya musik
Date 24 April 2024
Pertemuan 13
Ide-ide kreatif yang relevan dengan konsep proyek, menunjukkan pemahaman terhadap unsur-unsur musik yang terlibat
Date 1 Mei 2024
Pertemuan 14
Ide-ide kreatif yang relevan dengan konsep proyek, menunjukkan pemahaman terhadap unsur-unsur musik yang terlibat
Date 8 Mei 2024
Pertemuan 15
Menyusun materi buku kegiatan pembelajaran musik anak usia dini berdasarkan pengalaman dan hasil kreatif
A review of the definition, scope, and history of clinical psychology; the concept of normal, abnormal and pathology; perspective of clinical psychology theory; assessment and
This course discusses the application of social psychology in various areas of life including education, conflict and peace, terrorism, politics, masses/crowds, organizations, media, courts, health,
Discussion of (1) history, position and function of Indonesian (2) critical reading (3) characteristics of scientific Indonesian (4) EyD (5) scientific work (6) proposal writing