This course is a case method course which studies the concept of matrices and their applications related to data processing. The use of related computer applications is also introduced in this course.
Program Objectives (PO)
Bertanggung jawab dalam setiap penyelesaian tugas yang diberikan
Mampu menggunakan perangkat lunak untuk menyelesaikan permasalahan tentang matriks
Mampu merancang penyelesaian masalah dalam pengolahan data menggunakan metode-metode pada matriks
Mampu mendemonstrasikan pengetahuan dan wawasan tentang matriks yang berkaitan dengan sains data
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Konsep dasar matriks (KNO-1)
Date 4 September 2025
Pertemuan 2
Invers dan determinan matriks (KNO-1)
Date 11 September 2025
Pertemuan 3
Sistem persamaan linier (KNO-1)
Date 18 September 2025
Pertemuan 4
Sistem persamaan linier (KNO-1)
Date 25 September 2025
Pertemuan 5
SPL untuk menyelesaikan masalah nyata (SKI- 2)
Date 25 September 2025
Pertemuan 6
Konsep vektor dalam ruang-2, ruang-3, ruang-n dan operasinya (KNO-1)
Date 2 Oktober 2025
Pertemuan 7
Ruang vektor real dan sub-ruangnya (KNO-1)
Date 9 Oktober 2025
Pertemuan 8
Materi yang telah disampaikan sejak pertemuan ke-1 sampai dengan ke-7.
Date 16 Oktober 2025
Pertemuan 9
Konsep basis dan dimensi (KNO-1)
Date 23 Oktober 2025
Pertemuan 10
Konsep basis dan dimensi (KNO-1)
Date 30 Oktober 2025
Pertemuan 11
Konsep Ruang Hasil Kali Dalam dan proses Gram-Schmidt (KNO-1)
Date 6 November 2025
Pertemuan 12
Konsep Ruang Hasil Kali Dalam dan proses Gram-Schmidt (KNO-1)
Date 13 November 2025
Pertemuan 13
Transformasi Linier (KNO-1)
Date 20 November 2025
Pertemuan 14
Nilai Eigen dan Vektor Eigen (KNO-1)
Date 27 November 2025
Pertemuan 15
Program komputer untuk menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan matriks (SOC-2, SKI-1-2 dan COM-2)
Date 11 Desember 2025
Pertemuan 16
Materi yang telah disampaikan sejak pertemuan ke-9 sampai dengan ke-15.
Understand the basic concepts of Biology as a science, structure and function of cells, metabolism which includes transport, photosynthesis and respiration, genetics, diversity of living
Studying the theoretical basis, stages, classroom management, and evaluation in differentiated learning, TaRL approach, CRT approach, direct teaching model, cooperative learning model, and scientific approach-oriented
This course is a project-based course that studies the processes and issues involved in data mining, data mining concepts in data streams, series, sequences, text