perikatan yang salah satu pihaknya diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa
CPMK
Menerapkan prinsip-prinsip dasar hukum waralaba dalam penyusunan perjanjian waralaba (C3)
Menganalisis aspek hukum dalam kasus sengketa waralaba berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku (C4)
Mengevaluasi efektivitas klausul-klausul dalam perjanjian waralaba berdasarkan prinsip keadilan dan kepatutan (C5)
Menciptakan draft perjanjian waralaba yang memenuhi aspek legal dan bisnis (C6)
Menerapkan strategi penyelesaian sengketa waralaba melalui jalur litigasi dan non-litigasi (C3)
Menganalisis implikasi hukum dari perkembangan model bisnis waralaba di era digital (C4)
Mengevaluasi kepatuhan pelaku usaha waralaba terhadap regulasi perlindungan konsumen (C5)
Menciptakan solusi inovatif untuk mengatasi kendala hukum dalam ekspansi bisnis waralaba internasional (C6)
Menerapkan prinsip-prinsip hak kekayaan intelektual dalam praktik waralaba (C3)
Menganalisis dampak perubahan regulasi terhadap model bisnis waralaba (C4)
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Aspek-aspek hukum waralaba
Date 25 Agustus 2025
Pertemuan 2
Aspek-aspek hukum waralaba
Date 1 September 2025
Pertemuan 3
Aspek-aspek hukum waralaba
Date 8 September 2025
Pertemuan 4
Bsinis waralaba
Date 15 September 2025
Pertemuan 5
Bsinis waralaba
Date 22 September 2025
Pertemuan 6
Aspek hukum perjanjian waralaba
Date 29 September 2025
Pertemuan 7
Aspek hukum perjanjian waralaba
Date 6 Oktober 2025
Pertemuan 8
Aspek hukum perjanjian waralaba
Date 13 Oktober 2025
Pertemuan 9
Mamhasiswa memiliki kemampuan keuntungan & kerugian bisnis waralaba
Date 20 Oktober 2025
Pertemuan 10
Mamhasiswa memiliki kemampuan keuntungan & kerugian bisnis waralaba
Date 27 Oktober 2025
Pertemuan 11
Mamhasiswa memiliki kemampuan keuntungan & kerugian bisnis waralaba
Date 3 November 2025
Pertemuan 12
Memiliki kemampuan memahami waralaba dalam kerangka hukum persaingan usaha
Date 10 November 2025
Pertemuan 13
Memiliki kemampuan memahami waralaba dalam kerangka hukum persaingan usaha
Date 17 November 2025
Pertemuan 14
Memiliki kemampuan memahami waralaba dalam kerangka hukum persaingan usaha
Date 24 November 2025
Pertemuan 15
Memiliki kemampuan memahami waralaba dalam kerangka hukum persaingan usaha
Date 1 Desember 2025
Pertemuan 16
Menganalisis dampak perubahan regulasi terhadap model bisnis waralaba serta memberikan solusi hukum yang relevan.
Matakuliah ini merupakan kajian tentang perundang-undangan mulai dari norma hukum, hubungan antara negara hukum dan perundang-undangan, sifat peraturan perundang-undangan, asas peraturan perundang-undangan, materi muatan peraturan
Mata kuliah Pengantar Hukum Indonesia merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa yang membahas tentang hukum di Indonesia, eksistensi hukum Indonesia, sejarah hukum Indonesia, sistem hukum
Mata kuliah ini mengkaji kedudukan hukum dagang, perusahaan dan pembantunya, merger-konsolidasi-akuisisi-separasi, kepailitan, hak kekayaan intelektual, kontrak bisnis, hukum jaminan, asuransi, hukum ketenagakerjaan, hukum perlindungan konsumen,