Program Studi S1 Manajemen (Kampus Kabupaten Magetan) UNESA
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini membahas siklus akuntansi dalam dunia bisnis (Entitas Jasa dan Entitas Dagang) yang menghasilkan laporan keuangan berbasis SAK yang berlaku serta menganalisis akun-akun. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu case based study dan problem based learning.
CPMK
Mahasiswa mampu mengimplementasikan siklus akuntansi, kertas kerja, jurnal penyesuaian penyusunan laporan keuangan, dan jurnal penutup entitas jasa dan dagang
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep akun-akun
Mahasiswa mampu menunjukkan karakter tangguh dan adaptif
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Menganalisis konsep pengantar akuntansi dan perusahaan
Date 27 Agustus 2025
Pertemuan 2
Menganalisis siklus akuntansi entitas jasa
Date 3 September 2025
Pertemuan 3
Menganalisis siklus akuntansi entitas jasa
Date 10 September 2025
Pertemuan 4
Menganalisis siklus akuntansi entitas jasa
Date 17 September 2025
Pertemuan 5
Menganalisis siklus akuntansi entitas dagang
Date 24 September 2025
Pertemuan 6
Menganalisis siklus akuntansi entitas dagang
Date 1 Oktober 2025
Pertemuan 7
Review materi dan kuis
Date 8 Oktober 2025
Pertemuan 8
UJIAN TENGAH SEMESTER
Date 22 Oktober 2025
Pertemuan 9
Menganalisis pengendalian internal dan kas
Date 22 Oktober 2025
Pertemuan 10
Menganalisis akun piutang
Date 29 Oktober 2025
Pertemuan 11
Menganalisis akun persediaan
Date 5 November 2025
Pertemuan 12
Menganalisis akun asset tetap dan asset tak berwujud
Date 12 November 2025
Pertemuan 13
Menganalisis investasi dan akuntansi nilai wajar perusahaan
Date 19 November 2025
Pertemuan 14
Menganalisis akun liabilitas lancar dan penggajian
Mengkaji bermacam bentuk geometri pada bidang koordinat yaitu tentang kedudukan titik dan garis, tempat kedudukan irisan kerucut, lingkaran, parabola, ellip, hiperbola, bidang, tabung, kerucut dan
Mata kuliah ini mengkaji dan menerapkan konsep, prinsip, dan keterampilan dalam merancang pesan pembelajaran yang efektif dengan memperhatikan aspek komunikasi, persepsi, kognisi, dan media. Mahasiswa
Mata kuliah Komunikasi Pemasaran membahas konsep, teori, dan praktik komunikasi dalam mendukung strategi pemasaran organisasi, mencakup pemahaman dasar, marketing mix, teori dan model komunikasi, perilaku