Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Advanced Communication Skills dirancang untuk mengembangkan kompetensi komunikasi tingkat lanjut dalam konteks akademik dan profesional bagi mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa Inggris. Mata kuliah ini mencakup penguasaan strategi komunikasi lisan dan tulisan yang kompleks, termasuk presentasi akademik, debat formal, penulisan karya ilmiah, serta komunikasi lintas budaya. Tujuannya adalah membekali mahasiswa dengan kemampuan berkomunikasi secara efektif, persuasif, dan adaptif dalam berbagai situasi, sekaligus memperkuat pemahaman tentang etika komunikasi dan analisis konteks. Ruang lingkup meliputi praktik komunikasi publik, negosiasi, penyampaian argumen kritis, dan penerapan teknik komunikasi digital yang relevan dengan bidang pendidikan bahasa.
CPMK
- Menerapkan prinsip-prinsip etika akademik dalam merancang penelitian ELT (C3)
- Menganalisis karakteristik penelitian ELT yang inovatif dan adaptif terhadap perkembangan pendidikan (C4)
- Mengevaluasi berbagai metode penelitian ELT berdasarkan standar keilmuan (C5)
- Menciptakan proposal penelitian ELT yang kreatif dan sistematis (C6)
- Menerapkan konsep linguistik terapan dalam merancang instrumen penelitian ELT (C3)
- Menganalisis data penelitian ELT menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif (C4)
- Mengevaluasi temuan penelitian ELT berdasarkan kriteria validitas dan reliabilitas (C5)
- Menciptakan laporan penelitian ELT yang efektif dan sesuai standar akademik (C6)
- Menerapkan prinsip kolaborasi dalam melakukan penelitian ELT (C3)
- Menganalisis tren terkini dalam penelitian ELT dari perspektif nasional dan global (C4)
- 1. Memahami dan mengaplikasikan konsep-konsep pengembangan materi pembelajaran EFL yang sesuai dengan target kebutuhan para siswa dalam pembelajarannya 2. Menyeleksi dan mengembangkan materi pembelajaran EFL berdasarkan pada kebutuhan dan target para siswa 3. Menggunakan sumber-sumber pembelajaran dan IT yang relevan sebagai media yang mendukung pengembangan materi pembelajaran EFL 4. Berinisiatif mendemontrasikan, independen, tekun belajar dan ikut serta mengadvokasi diri sendiri dalam pembelajaran untuk menyeleksi dan mengembangkan materi pembelajaran EFL baik secara perorangan maupun tim
- 1. Memahami dan mengaplikasikan konsep-konsep pengembangan materi pembelajaran EFL yang sesuai dengan target kebutuhan para siswa dalam pembelajarannya 2. Menyeleksi dan mengembangkan materi pembelajaran EFL berdasarkan pada kebutuhan dan target para siswa 3. Menggunakan sumber-sumber pembelajaran dan IT yang relevan sebagai media yang mendukung pengembangan materi pembelajaran EFL 4. Berinisiatif mendemontrasikan, independen, tekun belajar dan ikut serta mengadvokasi diri sendiri dalam pembelajaran untuk menyeleksi dan mengembangkan materi pembelajaran EFL baik secara perorangan maupun tim