Mata Kuliah ini menjelaskan sejarah dan perkembangan, peletak dasar, paradigma, teori-teori serta metode dalam sosiologi pendidikan. Lebih lanjut, Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis realitas pendidikan dalam perspektif sosiologi pendidikan. Maka selain aspek teoritis dan metodologis, mahasiswa diharapkan juga mampu mengontekstualisasikan serta mengaplikasikan-nya dalam membaca problematika dunia pendidikan kontemporer, seperti; relasi masyarakat dan pendidikan, sosialisasi dan Interaksi pendidikan, kurikulum dan hegemoni ideologi, pendidikan dan perubahan sosial, globalisasi dan kapitalisme Pendidikan, gender dan pendidikan, kekerasan dalam institusi pendidikan, homo academicus di Pendidikan Tinggi dan lainnya.
CPMK
Menganalisis konsep dasar, teori klasik (Marx, Durkheim, Weber), dan paradigma pendidikan untuk menafsirkan secara kritis hubungan antara pendidikan dan masyarakat
Mengevaluasi proses sosialisasi, ideologi kurikulum, peran guru, dan isu-isu kunci seperti globalisasi, ketidaksetaraan gender, kekerasan, dan marginalisasi untuk mengusulkan solusi pendidikan yang inklusif dan adil.
Membuat laporan ilmiah berbasis studi kasus yang mengintegrasikan teori-teori sosiologi, data empiris, dan analisis kritis untuk menjawab permasalahan pendidikan kontemporer.
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Ruang lingkup, definisi, dan urgensi sosiologi kurikulum
Date 25 Agustus 2025
Pertemuan 2
Hubungan kurikulum dengan masyarakat
Date 1 September 2025
Pertemuan 3
Menganalisis hubungan antara masyarakat dan pendidikan dengan menggunakan teori sosiologi pendidikan dalam konteks dinamika sosial masyarakat.
Date 8 September 2025
Pertemuan 4
Membandingkan teori klasik dan teori kontemporer dalam kajian kurikulum
Date 15 September 2025
Pertemuan 5
Ideologi kurikulum dan proses sosialisasi pendidikan
Date 22 September 2025
Pertemuan 6
Peran guru, sekolah, dan masyarakat dalam implementasi kurikulum
Date 29 September 2025
Pertemuan 7
Isu globalisasi, ketidaksetaraan gender, kekerasan, dan marginalisasi dalam kurikulum
Date 6 Oktober 2025
Pertemuan 8
Ujian Tengah Semester
Date 13 Oktober 2025
Pertemuan 9
Kurikulum dengan teori inklusi sosial
Date 20 Oktober 2025
Pertemuan 10
Kebijakan kurikulum dalam konteks masyarakat
Date 27 Oktober 2025
Pertemuan 11
Merancang kerangka analisis kurikulum berbasis teori sosiologi
Date 3 November 2025
Pertemuan 12
Teori dengan kasus kontemporer pendidikan
Date 10 November 2025
Pertemuan 13
Menyusun laporan awal penelitian/kajian kurikulum
Date 17 November 2025
Pertemuan 14
Memberi kritik konstruktif terhadap laporan penelitian teman
Mata kuliah Bahan Ajar dan Media Pembelajaran PPKn membahas Peran dan bahan ajar dalam pembelajaran, Faktor dan prosedur pengembangan bahan ajar, Konsep Dasar Media Pembelajaran
Mata kuliah ini membahas konsep dasar pendidikan, meliputi pengertian, tujuan, fungsi, paradigma pembelajaran, kurikulum, media dan sumber belajar, serta ciri guru profesional. Mahasiswa diajak memahami
Mata kuliah ini bermanfaat bagi mahasiswa agar dapat menganalisis tentang sistem hukum di Indonesia. Mata kuliah ini meningkatkan ketaatan mahasiswa pada hukum yang ada di