•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Dasar-Dasar Pendidikan

Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas konsep dasar pendidikan sebagai fondasi penyelenggaraan pembelajaran serta keterkaitannya dengan Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK). Mahasiswa mempelajari pengertian, tujuan, fungsi, dan landasan pendidikan, sistem pendidikan nasional, serta hakikat, tujuan, dan fungsi PJOK sebagai bagian integral dari sistem pendidikan. Mata kuliah ini mendukung pencapaian SDG 4 (Pendidikan Berkualitas) melalui penguatan pemahaman mahasiswa terhadap prinsip dasar pendidikan untuk mewujudkan pembelajaran PJOK yang bermakna dan berorientasi pada pengembangan peserta didik secara menyeluruh.

CPMK

  • Mahasiswa mampu menunjukkan sikap beretika, bertanggung jawab, inklusif, dan kolaboratif dalam memahami dan mengkaji konsep dasar pendidikan serta penerapannya dalam konteks pembelajaran Biologi.
  • Mahasiswa mampu melakukan refleksi pembelajaran, menunjukkan kemampuan belajar sepanjang hayat, serta mengembangkan wawasan tentang peran IPA/Biologi dalam membentuk hasil belajar yang komprehensif (sikap, pengetahuan, keterampilan).
  • Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar pendidikan, meliputi pengertian, tujuan, fungsi pendidikan; tujuan pendidikan nasional; paradigma baru pembelajaran; hakikat kurikulum; media dan sumber belajar; taksonomi tujuan pendidikan; peran pendidikan dalam kehidupan dan dalam konteks pendidikan Biologi.
  • Mahasiswa mampu menganalisis secara kritis berbagai konsep pendidikan—termasuk tujuan pendidikan nasional, paradigma pembelajaran, kurikulum, peran guru profesional, serta relevansinya dengan pembelajaran Biologi termasuk PJOK sebagai bagian dari konteks pendidikan nasional.
  • Mahasiswa mampu mengaplikasikan konsep kurikulum dan pembelajaran untuk merancang komponen awal perangkat pembelajaran (misalnya analisis tujuan pembelajaran, media, sumber belajar, dan struktur dasar Silabus/RPP) pada pembelajaran Biologi.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Menganalisis pengertian, tujuan, dan fungsi pendidikan serta menjelaskan peran pendidikan dalam kehidupan
    • Date  29 Agustus 2023

  • Pertemuan 2
    Tujuan pendidikan nasional & hubungannya dengan PJOK
    • Date  5 September 2023

  • Pertemuan 3
    Paradigm baru pembelajaran
    • Date  12 September 2023

  • Pertemuan 4
    Paradigm baru pembelajaran
    • Date  19 September 2023

  • Pertemuan 5
    Hakikat dan konsep kurikulum
    • Date  26 September 2023

  • Pertemuan 6
    Hakikat dan konsep kurikulum
    • Date  3 Oktober 2023

  • Pertemuan 7
    Media dan sumber belajar
    • Date  10 Oktober 2023

  • Pertemuan 8
    Ujian Sub Sumatif
    • Date  17 Oktober 2023

  • Pertemuan 9
    Media dan sumber belajar
    • Date  24 Oktober 2023

  • Pertemuan 10
    Tujuan Pendidikan dan Taksonomi Hasil Belajar
    • Date  31 Oktober 2023

  • Pertemuan 11
    Konsep perangkat pembelajaran khususnya Silabus dan RPP
    • Date  7 November 2023

  • Pertemuan 12
    Konsep perangkat pembelajaran khususnya Silabus dan RPP
    • Date  14 November 2023

  • Pertemuan 13
    Ciri-ciri guru professional
    • Date  21 November 2023

  • Pertemuan 14
    Pentingnya IPA di dalam mengajarkan hasil belajar yang komprehensif khususnya sikap dan pemaknaan
    • Date  28 November 2023

  • Pertemuan 15
    Pentingnya IPA di dalam mengajarkan hasil belajar yang komprehensif khususnya sikap dan pemaknaan
    • Date  5 Desember 2023

  • Pertemuan 16
    Ujian Sumatif
    • Date  12 Desember 2023

Dosen

HERYANTO NUR MUHAMMAD
HERYANTO NUR MUHAMMAD
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

SRI WICAHYANI
SRI WICAHYANI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi
  • Semester2
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10