Mata kuliah ini membahas prinsip-prinsip dasar dan lanjutan dalam perancangan serta analisis algoritma secara sistematis dan efisien. Mahasiswa akan mendalami teknik-teknik desain algoritma seperti divide and conquer, greedy, dynamic programming, backtracking, dan branch and bound, serta menganalisis kompleksitas waktu dan ruang dari setiap pendekatan. Selain penguasaan teknis, mata kuliah ini juga mengeksplorasi pendekatan pedagogis dalam mengajarkan algoritma di konteks pendidikan teknologi dan kejuruan, termasuk perancangan media ajar, strategi penyampaian konsep algoritmik, dan integrasi pembelajaran berbasis masalah dan proyek. Melalui studi kasus dan tugas proyek, mahasiswa akan mengembangkan keterampilan berpikir komputasional, pemodelan solusi, serta menyusun materi ajar yang sesuai untuk peserta didik pada jenjang vokasi. Mata kuliah ini dirancang untuk menghasilkan pendidik yang tidak hanya kompeten dalam aspek teknis algoritma, tetapi juga mampu mengembangkan kurikulum dan pembelajaran yang kontekstual, adaptif, dan aplikatif sesuai dengan kebutuhan dunia industri dan perkembangan teknologi digital terkini.