•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Kepemimpinan & Manajemen Satuan PAUD

Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep, teori, prinsip, dan praktik kepemimpinan serta manajemen yang efektif dalam mengelola lembaga PAUD. Mahasiswa dipandu untuk menganalisis, mengkritisi, serta mengembangkan model kepemimpinan dan manajemen yang tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, dan berjiwa kewirausahaan sesuai konteks kebutuhan lokal, nasional, dan global. Melalui pendekatan berbasis proyek, kajian kasus, dan penelitian aplikatif, mahasiswa diharapkan mampu mengintegrasikan teori dan praktik dalam mengelola satuan PAUD, termasuk dalam merancang program, mengelola sumber daya manusia dan keuangan, membangun jejaring dengan masyarakat, serta melaksanakan supervisi pembelajaran yang berorientasi pada mutu layanan PAUD. Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan kompetensi kepemimpinan akademik dan manajerial yang profesional serta keterampilan meneliti dengan pendekatan inovatif di bidang kepemimpinan dan manajemen PAUD, sehingga mampu menghasilkan gagasan, strategi, dan model pengelolaan yang relevan dan aplikatif untuk pengembangan pendidikan anak usia dini di tingkat lokal, nasional, maupun internasional Metode yang digunakan dalam Matakuliah ini adalah klarifikasi, ceramah, tanya jawab, pemberian tugas, presentasi mahasiswa perkelompok, diskusi kelas, pengembangan materi mandiri (obsservasi mandiri di lapangan / Lembaga PAUD)

CPMK

  • Mahasiswa mampu menunjukkan sikap profesional, kolaboratif, dan berintegritas dalam mengelola satuan PAUD secara efektif dan inklusif.
  • Mahasiswa mampu menjelaskan teori dan prinsip kepemimpinan serta manajemen yang relevan dalam konteks satuan PAUD.
  • Mahasiswa mampu menganalisis berbagai gaya kepemimpinan dan model manajemen satuan PAUD berdasarkan hasil kajian teoritik dan praktik terbaik di tingkat lokal, nasional, dan internasional.
  • Mahasiswa mampu merancang strategi supervisi pembelajaran serta pengelolaan sumber daya satuan PAUD yang profesional, adaptif, dan inovatif.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Ruang lingkup pengelolaan di lembaga PAUD
    • Date  29 Agustus 2025

  • Pertemuan 2
    Konsep kepemimpinan manajerial
    • Date  5 September 2025

  • Pertemuan 3
    Menganalisis kepemimpinan instruksional dalam konteks manajemen PAUD
    • Date  12 September 2025

  • Pertemuan 4
    Menganalisis gaya kepemimpinan: Trait leadership dalam konteks manajemen PAUD
    • Date  19 September 2025

  • Pertemuan 5
    Menganalisis gaya kepemimpinan: situasional leadership dalam konteks manajemen PAUD
    • Date  26 September 2025

  • Pertemuan 6
    Menganalisis Gaya kepemimpinan: transformational leadership dalam konteks manajemen PAUD
    • Date  3 Oktober 2025

  • Pertemuan 7
    Menganalisis dan menerapkan prinsip-prinsip manajemen PAUD secara komprehensif untuk mengelola lembaga secara efektif, efisien, dan berorientasi pada mutu layanan pendidikan anak usia dini.
    • Date  10 Oktober 2025

  • Pertemuan 8
    Pengelolaan kegiatan pengembangan pada lembaga Satuan PAUD Sejenis (SPS)
    • Date  17 Oktober 2025

  • Pertemuan 9
    Menganalisis dan menyusun perencanaan program PAUD yang sistematis, kontekstual, dan berorientasi pada mutu serta kebutuhan perkembangan anak usia dini.
    • Date  24 Oktober 2025

  • Pertemuan 10
    Menganalisis dan mengembangkan strategi manajemen sumber daya PAUD secara kolaboratif dan berbasis riset untuk meningkatkan kapasitas sekolah serta mutu layanan pendidikan anak usia dini.
    • Date  31 Oktober 2025

  • Pertemuan 11
    Menganalisis dan mengembangkan sistem manajemen keuangan PAUD yang transparan, akuntabel, dan berorientasi pada peningkatan mutu layanan pendidikan anak usia dini.
    • Date  14 November 2025

  • Pertemuan 12
    Menganalisis dan mengembangkan strategi manajemen hubungan masyarakat (humas) dan pengelolaan lembaga PAUD secara kolaboratif, komunikatif, dan berorientasi pada peningkatan mutu layanan pendidikan anak usia dini.
    • Date  21 November 2025

  • Pertemuan 13
    Pengelolaan Sentra Main Peran dan Sains di TPA dan KB
    • Date  28 November 2025

  • Pertemuan 14
    Menganalisis dan mengembangkan praktik supervisi klinis di PAUD secara reflektif, kolaboratif, dan berorientasi pada peningkatan profesionalisme guru serta mutu pembelajaran anak usia dini.
    • Date  5 Desember 2025

  • Pertemuan 15
    Menganalisis dan mengembangkan strategi supervisi manajerial di PAUD secara sistematis, kolaboratif, dan berorientasi pada peningkatan efektivitas pengelolaan lembaga serta mutu layanan pendidikan anak usia dini.
    • Date  12 Desember 2025

  • Pertemuan 16
    Ujian Akhir Semester/ UAS
    • Date  19 Desember 2025

Dosen

SYUNU TRIHANTOYO
SYUNU TRIHANTOYO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

RUQOYYAH FITRI
RUQOYYAH FITRI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

SRI SETYOWATI
SRI SETYOWATI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS2 Pendidikan Anak Usia Dini
  • Semester1
  • Lectures3
Difficult Things About Education.
$75$10