•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Pendidikan Sepanjang Hayat

Program Studi S1 Pendidikan Luar Sekolah UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang sejarah, pengertian, konsep belajar sepanjang hayat, pemikiran tokoh-tokoh dunia dan implementasi belajar sepanjang hayat dalam pendidikan sepanjang hayat melalui penjelasan, diskusi, presentasi. Selain itu, diberikan pemahaman tentang indikator kualitas pendidikan sepanjang hayat, bagaimana wujud pendidikan sepanjang hayat dalam kehidupan konkrit sehari-hari. Mahasiswa diarahkan untuk menyadari proses belajar yang terjadi sepanjang hayat, bahwa setiap orang selalu belajar melalui situasi, pengalaman, perasaan, dan kesempatan. Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan perkuliahan, penugasan individu dan kelompok, observasi dan mini riset. Luaran dari pembelajaran ini berupa makalah, powerpoint dan modul pembelajaran. Penilaian pembelajaran dilakukan dengan ujian (ujian tengah semester dan akhir semester) dan partisipasi.

CPMK

  • Memahami dan menguasai teori dan konsep tentang pendidikan sepanjang hayat dalam program Pendidikan Nonformal secara lengkap dan kontekstual sebagai aktualisasi prinsip-prinsip pembelajaran sepanjang hayat yang inovatif, kreatif, dan bermutu (C2).
  • Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah dengan mengembangkan pengetahuan Pendidikan Non Formal berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  • Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah dengan mengembangkan pengetahuan Pendidikan Non Formal berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  • Mampu mengelola dan mengevaluasi program Pendidikan Nonformal yang berbasis ketaqwaan, kemandirian, dan kewirausahaan sosial (C5).

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Latar belakang dan konsep pendidikan seumur hidup
    • Date  4 September 2024

  • Pertemuan 2
    Dapat memahami definisi dan prinsip-prinsip pendidikan seumur hidup
    • Date  11 September 2024

  • Pertemuan 3
    Siswa dapat memahami keaslian dan elemen-elemen kunci dari pendidikan seumur hidup
    • Date  18 September 2024

  • Pertemuan 4
    Makna dan esensi pendidikan seumur hidup
    • Date  25 September 2024

  • Pertemuan 5
    Gambaran umum tentang kebutuhan pendidikan seumur hidup
    • Date  2 Oktober 2024

  • Pertemuan 6
    Implikasi azas pendidikan seumur hidup
    • Date  9 Oktober 2024

  • Pertemuan 7
    Dimensi sikap dan perilaku mendewasa menurut pendidikan seumur hidup
    • Date  16 Oktober 2024

  • Pertemuan 8
    Strategi pendidikan seumur hidup
    • Date  23 Oktober 2024

  • Pertemuan 9
    Ujian tengah semester
    • Date  30 Oktober 2024

  • Pertemuan 10
    Pilar-pilar pendidikan dengan pengetahuan yang relevan dengan pendidikan seumur hidup
    • Date  6 November 2024

  • Pertemuan 11
    Mahsiswa dapat memahami latar belakang dan dasar pembelajaran seumur hidup
    • Date  13 November 2024

  • Pertemuan 12
    Dapat memahami konsep latar belakang dan definisi pembelajaran seumur hidup
    • Date  20 November 2024

  • Pertemuan 13
    Karakteristik dan paradigma belajar sepanjang hayat
    • Date  27 November 2024

  • Pertemuan 14
    Memahami materi dan program pembelajaran seumur hidup
    • Date  4 Desember 2024

  • Pertemuan 15
    Siswa/WB dan proses peningkatan pembelajaran sepanjang hayat.
    • Date  11 Desember 2024

  • Pertemuan 16
    Implementasi pendidikan seumur hidup
    • Date  18 Desember 2024

Pustaka

Dosen

DESIKA PUTRI MARDIANI
DESIKA PUTRI MARDIANI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

HERYANTO SUSILO
HERYANTO SUSILO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Luar Sekolah
  • Semester1
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10