•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Dasar-Dasar Pendidikan

Program Studi S1 Pendidikan Biologi UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas konsep dasar pendidikan sebagai fondasi penyelenggaraan pembelajaran serta keterkaitannya dengan Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK). Mahasiswa mempelajari pengertian, tujuan, fungsi, dan landasan pendidikan, sistem pendidikan nasional, serta hakikat, tujuan, dan fungsi PJOK sebagai bagian integral dari sistem pendidikan. Mata kuliah ini mendukung pencapaian SDG 4 (Pendidikan Berkualitas) melalui penguatan pemahaman mahasiswa terhadap prinsip dasar pendidikan untuk mewujudkan pembelajaran PJOK yang bermakna dan berorientasi pada pengembangan peserta didik secara menyeluruh.

CPMK

  • Mahasiswa mampu menunjukkan sikap beretika, bertanggung jawab, inklusif, dan kolaboratif dalam memahami dan mengkaji konsep dasar pendidikan serta penerapannya dalam konteks pembelajaran Biologi.
  • Mahasiswa mampu melakukan refleksi pembelajaran, menunjukkan kemampuan belajar sepanjang hayat, serta mengembangkan wawasan tentang peran IPA/Biologi dalam membentuk hasil belajar yang komprehensif (sikap, pengetahuan, keterampilan).
  • Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar pendidikan, meliputi pengertian, tujuan, fungsi pendidikan; tujuan pendidikan nasional; paradigma baru pembelajaran; hakikat kurikulum; media dan sumber belajar; taksonomi tujuan pendidikan; peran pendidikan dalam kehidupan dan dalam konteks pendidikan Biologi.
  • Mahasiswa mampu menganalisis secara kritis berbagai konsep pendidikan—termasuk tujuan pendidikan nasional, paradigma pembelajaran, kurikulum, peran guru profesional, serta relevansinya dengan pembelajaran Biologi termasuk PJOK sebagai bagian dari konteks pendidikan nasional.
  • Mahasiswa mampu mengaplikasikan konsep kurikulum dan pembelajaran untuk merancang komponen awal perangkat pembelajaran (misalnya analisis tujuan pembelajaran, media, sumber belajar, dan struktur dasar Silabus/RPP) pada pembelajaran Biologi.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Menganalisis pengertian, tujuan, dan fungsi pendidikan serta menjelaskan peran pendidikan dalam kehidupan
    • Date  3 September 2024

  • Pertemuan 2
    Tujuan pendidikan nasional & hubungannya dengan PJOK
    • Date  10 September 2024

  • Pertemuan 3
    Paradigm baru pembelajaran
    • Date  17 September 2024

  • Pertemuan 4
    Paradigm baru pembelajaran
    • Date  24 September 2024

  • Pertemuan 5
    Hakikat dan konsep kurikulum
    • Date  1 Oktober 2024

  • Pertemuan 6
    Hakikat dan konsep kurikulum
    • Date  8 Oktober 2024

  • Pertemuan 7
    Media dan sumber belajar
    • Date  15 Oktober 2024

  • Pertemuan 8
    Ujian Sub Sumatif
    • Date  22 Oktober 2024

  • Pertemuan 9
    Media dan sumber belajar
    • Date  29 Oktober 2024

  • Pertemuan 10
    Tujuan Pendidikan dan Taksonomi Hasil Belajar
    • Date  5 November 2024

  • Pertemuan 11
    Konsep perangkat pembelajaran khususnya Silabus dan RPP
    • Date  12 November 2024

  • Pertemuan 12
    Konsep perangkat pembelajaran khususnya Silabus dan RPP
    • Date  19 November 2024

  • Pertemuan 13
    Ciri-ciri guru professional
    • Date  26 November 2024

  • Pertemuan 14
    Pentingnya IPA di dalam mengajarkan hasil belajar yang komprehensif khususnya sikap dan pemaknaan
    • Date  3 Desember 2024

  • Pertemuan 15
    Pentingnya IPA di dalam mengajarkan hasil belajar yang komprehensif khususnya sikap dan pemaknaan
    • Date  10 Desember 2024

  • Pertemuan 16
    Ujian Sumatif
    • Date  17 Desember 2024

Dosen

RAHARJO
RAHARJO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

WALIB ABDULLAH
WALIB ABDULLAH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

MUJI SRI PRASTIWI
MUJI SRI PRASTIWI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Biologi
  • Semester2
  • Lectures3
Difficult Things About Education.
$75$10