Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini membahas konsep dasar pendidikan sebagai fondasi penyelenggaraan pembelajaran serta keterkaitannya dengan Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK). Mahasiswa mempelajari pengertian, tujuan, fungsi, dan landasan pendidikan, sistem pendidikan nasional, serta hakikat, tujuan, dan fungsi PJOK sebagai bagian integral dari sistem pendidikan. Mata kuliah ini mendukung pencapaian SDG 4 (Pendidikan Berkualitas) melalui penguatan pemahaman mahasiswa terhadap prinsip dasar pendidikan untuk mewujudkan pembelajaran PJOK yang bermakna dan berorientasi pada pengembangan peserta didik secara menyeluruh.
CPMK
- Mahasiswa mampu menunjukkan sikap beretika, bertanggung jawab, inklusif, dan kolaboratif dalam memahami dan mengkaji konsep dasar pendidikan serta penerapannya dalam konteks pembelajaran Biologi.
- Mahasiswa mampu melakukan refleksi pembelajaran, menunjukkan kemampuan belajar sepanjang hayat, serta mengembangkan wawasan tentang peran IPA/Biologi dalam membentuk hasil belajar yang komprehensif (sikap, pengetahuan, keterampilan).
- Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar pendidikan, meliputi pengertian, tujuan, fungsi pendidikan; tujuan pendidikan nasional; paradigma baru pembelajaran; hakikat kurikulum; media dan sumber belajar; taksonomi tujuan pendidikan; peran pendidikan dalam kehidupan dan dalam konteks pendidikan Biologi.
- Mahasiswa mampu menganalisis secara kritis berbagai konsep pendidikan—termasuk tujuan pendidikan nasional, paradigma pembelajaran, kurikulum, peran guru profesional, serta relevansinya dengan pembelajaran Biologi termasuk PJOK sebagai bagian dari konteks pendidikan nasional.
- Mahasiswa mampu mengaplikasikan konsep kurikulum dan pembelajaran untuk merancang komponen awal perangkat pembelajaran (misalnya analisis tujuan pembelajaran, media, sumber belajar, dan struktur dasar Silabus/RPP) pada pembelajaran Biologi.