Mengaji tentang masalah-masalah pembelajaran matematika dengan pendekatan psikologi yang meliputi formasi konsep-konsep matematika, ide suatu skema, berpikir matematis, faktor-faktor interpersonal dan emosional serta pemecahan masalah dalam matematika melalui belajar aktif yang memanfaatkan teknologi dan informasi.
CPMK
Mampu menganalisis permasalahan pendidikan matematika yang berkaitan dengan motivasi, penguatan, dan kebiasaan belajar siswa, serta merumuskan strategi pemecahan masalah dengan pendekatan behaviorisme yang sesuai untuk meningkatkan keterlibatan belajar serta mampu menggunakannya dalam perencanaan pembelajaran matematika di sekolah dasar dan menengah dengan cermat
Mampu mengidentifikasi masalah pembelajaran matematika yang muncul akibat ketidaksesuaian tahap perkembangan kognitif siswa, kesulitan dalam konstruksi pengetahuan, atau kurangnya scaffolding, serta menyusun solusi pembelajaran berbasis teori kognitivisme yang adaptif dan kontekstual serta mampu menggunakannya dalam perencanaan pembelajaran matematika di sekolah dasar dan menengah dengan cermat
Mampu menemukan dan menganalisis kesulitan siswa dalam memahami konsep matematika abstrak, level berpikir geometri, maupun strategi pemecahan masalah berdasarkan karakteristik belajar matematika; serta merancang pendekatan pembelajaran matematika yang inovatif untuk mengatasi masalah tersebut baik di tingkat sekolah dasar maupun menengah dengan cermat
Mampu menganalisis perbedaan gaya berpikir dan kecerdasan siswa yang menimbulkan hambatan dalam pembelajaran matematika, serta mengembangkan solusi pembelajaran yang bervariasi dan mampu menggunakannya dalam perencanaan pembelajaran matematika di sekolah dasar dan menengah dengan cermat
Mampu mengidentifikasi masalah pembelajaran matematika yang dipengaruhi oleh faktor nilai, budaya, dan konteks sosial siswa, serta menyusun strategi pembelajaran yang inklusif dan relevan secara budaya untuk meningkatkan kebermaknaan belajar matematika baik di tingkat sekolah dasar maupun menengah dengan cermat
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Kontrak Kuliah
Date 1 September 2025
Pertemuan 2
Prinsip dasar Teori Skinner serta menganalisis implikasinya pada pembelajaran matematika
Date 8 September 2025
Pertemuan 3
Menganalisis kasus pembelajaran matematika dengan mengaitkan teori behaviorisme dan menyusun strategi perbaikan
Date 15 September 2025
Pertemuan 4
Prinsip dasar Teori Piaget serta menganalisis implikasinya pada pembelajaran matematika
Date 22 September 2025
Pertemuan 5
Menganalisis kasus pembelajaran matematika dengan mengaitkan teori kognitivisme dan menyusun strategi perbaikan
Date 29 September 2025
Pertemuan 6
Prinsip dasar Teori Bruner serta menganalisis implikasinya pada pembelajaran matematika
Date 6 Oktober 2025
Pertemuan 7
Menganalisis kasus pembelajaran matematika dengan mengaitkan teori kognitivisme dan menyusun strategi perbaikan
Date 13 Oktober 2025
Pertemuan 8
Prinsip dasar Teori Dienes serta menganalisis implikasinya pada pembelajaran matematika
Date 20 Oktober 2025
Pertemuan 9
Menganalisis kasus pembelajaran matematika dengan mengaitkan teori karakteristik belajar matematika dan menyusun strategi perbaikan
Date 27 Oktober 2025
Pertemuan 10
Prinsip dasar Teori Polya serta menganalisis implikasinya pada pembelajaran matematika
Date 3 November 2025
Pertemuan 11
Menganalisis kasus pembelajaran matematika dengan mengaitkan teori karakteristik belajar matematika dan menyusun strategi perbaikan
Date 10 November 2025
Pertemuan 12
Prinsip dasar Teori Guilford serta menganalisis implikasinya pada pembelajaran matematika.
Date 17 November 2025
Pertemuan 13
Menganalisis kasus pembelajaran matematika dengan mengaitkan teori gaya berpikir dan kecerdasan serta menyusun strategi perbaikan
Date 24 November 2025
Pertemuan 14
Prinsip dasar Teori Bishop serta menganalisis implikasinya pada pembelajaran matematika
Date 1 Desember 2025
Pertemuan 15
Menganalisis kasus pembelajaran matematika dengan mengaitkan teori nilai, budaya, dan konteks sosial dan menyusun strategi perbaikan
Date 8 Desember 2025
Pertemuan 16
Mempresentasikan produk proyek pembelajaran inovatif berbasis teori psikologi pembelajaran, serta melakukan refleksi kritis untuk mengevaluasi kelebihan, kelemahan, dan peluang implementasi produk tersebut dalam pembelajaran matematika
Kajian konsep-konsep dasar (ruang, waktu, massa, besaran, satuan, dan vektor), mekanika Newtonian (kinematika dan dinamika partikel), getaran harmonis, medan gaya sentral dan medan gravitasi, transformasi
This course discusses reading, listening, speaking, writing, and paragraph development in English with biological substances. The material is delivered with a student-centered approach in practical
Memahami konsep dasar Biologi sebagai ilmu, struktur dan fungsi sel, pembelahan sel, metabolisme yang mencakup transpor, fotosintesis dan respirasi, genetika, keanekaragaman makhluk hidup,evolusi, struktur fungsi