Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Filsafat Ilmu Pendidikan dirancang untuk memberikan landasan filosofis, epistemologis, dan metodologis bagi mahasiswa Program Doktor Pendidikan IPS dalam memahami hakikat ilmu, pendidikan, dan interrelasinya dengan perkembangan masyarakat. Kajian diarahkan pada pemikiran filsafat klasik hingga kontemporer yang melandasi lahirnya paradigma keilmuan, termasuk positivisme, konstruktivisme, kritisisme, postmodernisme, dan filsafat ilmu sosial.
Melalui perkuliahan ini, mahasiswa diajak untuk menelaah ontologi, epistemologi, dan aksiologi pendidikan sebagai disiplin ilmu, serta mengeksplorasi kontribusi filsafat dalam membangun dasar teori, metode penelitian, dan praksis pendidikan IPS. Diskusi kritis juga diarahkan pada isu-isu mutakhir, seperti dekolonisasi ilmu pengetahuan, integrasi kearifan lokal dalam ilmu pendidikan, serta tantangan globalisasi dan era digital terhadap epistemologi pendidikan.
CPMK
- Mahasiswa mampu menganalisis secara kritis nilai-nilai agama, kebangsaan, budaya nasional, serta etika akademik yang mendasari perkembangan filsafat ilmu pendidikan, dan menjelaskan implikasinya terhadap praktik pendidikan di Indonesia secara etis, bijak, dan bertanggung jawab.
- Mahasiswa mampu menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, serta sikap belajar sepanjang hayat melalui kegiatan diskusi filsafat, dialog akademik, dan refleksi kritis, sehingga menghasilkan pemikiran yang terbuka dan konstruktif dalam memahami persoalan pendidikan.
- Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam menganalisis konsep-konsep utama filsafat ilmu pendidikan—termasuk epistemologi, ontologi, aksiologi, dan metodologi ilmu serta menerapkannya dalam merumuskan solusi ilmiah terhadap persoalan pendidikan kontemporer.
- Mahasiswa mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan serta berkolaborasi dalam melakukan kajian filsafat pendidikan, menyusun argumen akademik yang kuat dan bertanggung jawab, serta menghasilkan gagasan konseptual yang dapat digunakan untuk penelitian maupun pengembangan keilmuan pendidikan.