•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Manajemen Industri Media

Program Studi S1 Ilmu Komunikasi UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Manajemen Industri Media membahas prinsip-prinsip manajemen dan strategi bisnis dalam konteks industri media kontemporer. Isi mata kuliah mencakup perencanaan, produksi, distribusi, dan monetisasi konten media; analisis struktur pasar dan regulasi industri; serta manajemen sumber daya manusia dan keuangan di organisasi media. Tujuannya adalah membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan untuk memahami dinamika bisnis media, mengelola operasional organisasi media, dan mengembangkan strategi yang adaptif terhadap perubahan teknologi dan konsumen. Ruang lingkupnya meliputi berbagai sektor industri media seperti televisi, radio, surat kabar, penerbitan, film, musik, media digital, dan platform online, dengan penekanan pada integrasi konten, teknologi, dan bisnis.

CPMK

  • Mampu menguraikan perkembangan manajemen industri media massa
  • Mampu mendesain manajemen industri media massa
  • Mampu merancang dan mengimplementasikan proyek media berbasis studi kasus industri media lokal maupun global.
  • Mampu mengevaluasi efektivitas strategi manajemen media melalui presentasi dan refleksi proyek kelompok.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Membandingkan fenomena perkembangan media massa
  • Pertemuan 2
    Gambaran umum tentang dinamika industri media, baik di Indonesia maupun di dunia pada umumnya
  • Pertemuan 3
    Manajemen dalam konteks industri media massa
  • Pertemuan 4
    Beberapa konsep dasar manajemen dan manajemen perusahaan media
  • Pertemuan 5
    Peran dan fungsi media massa dalam konteks industri media massa
  • Pertemuan 6
    Menyusun organisasi pada manajemen industri media massa berdasarkan satu jenis media massa
  • Pertemuan 7
    Menyusun organisasi pada manajemen industri media massa berdasarkan satu jenis media massa
  • Pertemuan 8
    Membandingkan fenomena perkembangan media massa
  • Pertemuan 9
    Mendesain manajemen industri media cetak
  • Pertemuan 10
    Mendesain manajemen industri media cetak
  • Pertemuan 11
    Mendesain manajemen industri media elektronik
  • Pertemuan 12
    Mendesain manajemen industri media elektronik
  • Pertemuan 13
    Mendesain organisasi dalam manajemen industri media digital
  • Pertemuan 14
    Mendesain organisasi dalam manajemen industri media digital
  • Pertemuan 15
    Mendesain organisasi dalam manajemen industri media digital
  • Pertemuan 16
    Mendesain manajemen industri media cetak

Dosen

EKO PAMUJI
EKO PAMUJI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

GILANG GUSTI AJI
GILANG GUSTI AJI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Ilmu Komunikasi
  • Semester3
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10