Deskripsi Mata Kuliah
Kajian tentang hakikat MIPA, paradigma Baru Pembelajaran, kurikulum, media dan sumber belajar, Perangkat Pembelajaran (Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), Tujuan Pendidikan dan Taksonomi Hasil Belajar, dan Ciri-ciri guru profesional. Mata kuliah ini disajikanm dalam bentuk teori.
CPMK
- Mahasiswa mampu menunjukkan sikap beretika, bertanggung jawab, inklusif, dan kolaboratif dalam memahami dan mengkaji konsep dasar pendidikan serta penerapannya dalam konteks pembelajaran Biologi.
- Mahasiswa mampu melakukan refleksi pembelajaran, menunjukkan kemampuan belajar sepanjang hayat, serta mengembangkan wawasan tentang peran IPA/Biologi dalam membentuk hasil belajar yang komprehensif (sikap, pengetahuan, keterampilan).
- Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar pendidikan, meliputi pengertian, tujuan, fungsi pendidikan; tujuan pendidikan nasional; paradigma baru pembelajaran; hakikat kurikulum; media dan sumber belajar; taksonomi tujuan pendidikan; peran pendidikan dalam kehidupan dan dalam konteks pendidikan Biologi.
- Mahasiswa mampu menganalisis secara kritis berbagai konsep pendidikan—termasuk tujuan pendidikan nasional, paradigma pembelajaran, kurikulum, peran guru profesional, serta relevansinya dengan pembelajaran Biologi termasuk PJOK sebagai bagian dari konteks pendidikan nasional.
- Mahasiswa mampu mengaplikasikan konsep kurikulum dan pembelajaran untuk merancang komponen awal perangkat pembelajaran (misalnya analisis tujuan pembelajaran, media, sumber belajar, dan struktur dasar Silabus/RPP) pada pembelajaran Biologi.