•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Dasar-Dasar Pendidikan

Program Studi S1 Pendidikan Matematika UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Kajian tentang hakikat MIPA, paradigma Baru Pembelajaran, kurikulum, media dan sumber belajar, Perangkat Pembelajaran (Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), Tujuan Pendidikan dan Taksonomi Hasil Belajar, dan Ciri-ciri guru profesional. Mata kuliah ini disajikanm dalam bentuk teori.

CPMK

  • Mahasiswa mampu menunjukkan sikap beretika, bertanggung jawab, inklusif, dan kolaboratif dalam memahami dan mengkaji konsep dasar pendidikan serta penerapannya dalam konteks pembelajaran Biologi.
  • Mahasiswa mampu melakukan refleksi pembelajaran, menunjukkan kemampuan belajar sepanjang hayat, serta mengembangkan wawasan tentang peran IPA/Biologi dalam membentuk hasil belajar yang komprehensif (sikap, pengetahuan, keterampilan).
  • Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar pendidikan, meliputi pengertian, tujuan, fungsi pendidikan; tujuan pendidikan nasional; paradigma baru pembelajaran; hakikat kurikulum; media dan sumber belajar; taksonomi tujuan pendidikan; peran pendidikan dalam kehidupan dan dalam konteks pendidikan Biologi.
  • Mahasiswa mampu menganalisis secara kritis berbagai konsep pendidikan—termasuk tujuan pendidikan nasional, paradigma pembelajaran, kurikulum, peran guru profesional, serta relevansinya dengan pembelajaran Biologi termasuk PJOK sebagai bagian dari konteks pendidikan nasional.
  • Mahasiswa mampu mengaplikasikan konsep kurikulum dan pembelajaran untuk merancang komponen awal perangkat pembelajaran (misalnya analisis tujuan pembelajaran, media, sumber belajar, dan struktur dasar Silabus/RPP) pada pembelajaran Biologi.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Menganalisis pengertian, tujuan, dan fungsi pendidikan serta menjelaskan peran pendidikan dalam kehidupan
    • Date  3 September 2024

  • Pertemuan 2
    Tujuan pendidikan nasional & hubungannya dengan PJOK
    • Date  10 September 2024

  • Pertemuan 3
    Paradigm baru pembelajaran
    • Date  17 September 2024

  • Pertemuan 4
    Paradigm baru pembelajaran
    • Date  24 September 2024

  • Pertemuan 5
    Hakikat dan konsep kurikulum
    • Date  1 Oktober 2024

  • Pertemuan 6
    Hakikat dan konsep kurikulum
    • Date  8 Oktober 2024

  • Pertemuan 7
    Media dan sumber belajar
    • Date  15 Oktober 2024

  • Pertemuan 8
    Ujian Sub Sumatif
    • Date  22 Oktober 2024

  • Pertemuan 9
    Media dan sumber belajar
    • Date  29 Oktober 2024

  • Pertemuan 10
    Tujuan Pendidikan dan Taksonomi Hasil Belajar
    • Date  5 November 2024

  • Pertemuan 11
    Konsep perangkat pembelajaran khususnya Silabus dan RPP
    • Date  12 November 2024

  • Pertemuan 12
    Konsep perangkat pembelajaran khususnya Silabus dan RPP
    • Date  19 November 2024

  • Pertemuan 13
    Ciri-ciri guru professional
    • Date  26 November 2024

  • Pertemuan 14
    Pentingnya IPA di dalam mengajarkan hasil belajar yang komprehensif khususnya sikap dan pemaknaan
    • Date  3 Desember 2024

  • Pertemuan 15
    Pentingnya IPA di dalam mengajarkan hasil belajar yang komprehensif khususnya sikap dan pemaknaan
    • Date  10 Desember 2024

  • Pertemuan 16
    Ujian Sumatif
    • Date  17 Desember 2024

Dosen

ISMAIL
ISMAIL
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Matematika
  • Semester2
  • Lectures1
Difficult Things About Education.
$75$10