Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap profesional dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) tingkat lanjut dengan pendekatan berbasis studi kasus (case study). Mahasiswa mendalami teori dan praktik pembelajaran BIPA dengan penekanan pada strategi yang kontekstual, komunikatif, dan berorientasi pada kebutuhan pembelajar dari berbagai latar budaya. Mata kuliah ini juga menekankan pentingnya pengintegrasian kompetensi interkultural ke dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, sehingga mahasiswa mampu mengelola perbedaan nilai, norma, dan gaya komunikasi antarbudaya secara sensitif dan inklusif. Mahasiswa dilatih untuk mengembangkan bahan ajar, media, dan asesmen autentik berbasis tugas yang merefleksikan konteks lintas budaya secara nyata. Melalui pendekatan pembelajaran berbasis masalah dan analisis studi kasus, mahasiswa didorong untuk berpikir kritis, sistematis, dan kreatif dalam menghadapi tantangan pembelajaran BIPA di era global. Mata kuliah ini sekaligus menumbuhkan sikap kolaboratif, adaptif, dan inovatif sebagai calon pendidik profesional dalam bidang pengajaran bahasa Indonesia untuk penutur asing.