Mata kuliah Dasar Kependidikan memberikan pengenalan mengenai prinsip, tujuan, dan praktik dasar pendidikan dengan fokus khusus pada pembelajaran anak usia dini sejak lahir hingga usia delapan tahun. Materi mencakup konsep pendidikan sebagai proses sepanjang hayat, peran pendidikan anak usia dini dalam sistem pendidikan nasional, serta landasan filosofis, psikologis, dan yuridis penyelenggaraannya. Mahasiswa akan mempelajari perkembangan anak secara holistik; fisik, kognitif, bahasa, sosial, dan emosional serta pendekatan pembelajaran yang inklusif, berkeadilan, dan responsif terhadap keragaman budaya. Selain itu, dibahas struktur dan kurikulum pendidikan dasar, keterkaitan PAUD dengan kesiapan memasuki sekolah dasar, peran pendidik, keluarga, dan masyarakat, serta tren dan tantangan kontemporer seperti pemanfaatan teknologi, pembelajaran berbasis bermain, dan kebijakan pendidikan terkait Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG 4). Melalui kuliah, diskusi, observasi lapangan, dan proyek praktikum, mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman dasar dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pengalaman belajar yang efektif bagi anak usia dini dalam konteks pendidikan dasar dan berwarna etnopedagogi.