Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang filosofi dasar kurikulum, pengertian kurikulum, komponen kurikulum, perencanaan dan desain kurikulum, peran guru (tutor) dalam pengembangan kurikulum, model-model konsep kurikulum, model-model pengembangan kurikulum pendidikan nonformal dan evaluasi kurikulum melalui penjelasan, diskusi, presentasi dan penugasan. Indikator penilaian mata kuliah ini adalah mahasiswa mampu memahami filosofi dasar kurikulum, pengertian kurikulum, komponen kurikulum, perencanaan dan desain kurikulum, peran pengajar (tutor) dalam pengembangan kurikulum.
menitikberatkan pada pemahaman, analisis, dan ketrampilan dalam mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pendidikan nonformal. Mata kuliah ini mencakup teori dasar pengembangan kurikulum, pendekatan dan model kurikulum, serta aplikasi kurikulum dalam konteks pendidikan nonformal seperti pendidikan masyarakat, kursus keterampilan, pelatihan kerja, atau program pemberdayaan masyarakat.
Mata kuliah ini memberikan wawasan kepada mahasiswa untuk dapat merancang kurikulum yang responsif terhadap kebutuhan sosial dan ekonomi, serta dapat diterapkan di berbagai setting pendidikan nonformal seperti Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP), Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), dan lembaga-lembaga sejenis.