Matakuliah ini mengkaji tentang konsep-konsep Matematika di SMP/MTs, dan Matematika SMA/MA yang esensial, miskonsepsi siswa dan atau guru beserta alternatif pembelajarannya yang memanfaatkan TIK melalui pembelajaran aktif, kolaboratif dan reflektif
CPL Program Studi pada MK
CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
CPL-6 Menguasai prinsip-prinsip pengetahuan matematika untuk mendukung kemampuan berpikir matematis dalam memecahan masalah matematis
CPL-7 Menguasai pengetahuan pedagogik dalam pengajaran dan evaluasi sesuai perkembangan kurikulum transformatif dan perkembangan teknologi berorientasi pendidikan matematika realistik dan edupreneur-leadership
CPL-8 Mendemostrasikan keterampilan dalam merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran matematika berwawasan pendidikan realistik berbasis teknologi yang adaptif dan inovatif
CPL-10 Mengambil keputusan berbasis data dalam menyelesaikan tugas yang menjadi tanggung jawab mahasiswa dan mengevaluasi pekerjaan yang telah dilakukan
CPL-11 Mengkomunikasikan ide dan hasil penelitian secara rasional, efektif, dan inovatif
CPMK
CPMK-1 Mampu menganalisis materi esensial matematika SMP dan mampu mengembangkan alternatif pembelajarannya dengan atau tanpa bantuan teknologi secara kolaboratif, sistematis, kreatif berpandu pada hasil penelitian terkini
CPMK-2 Mampu menganalisis materi esensial matematika SMA/SMK dan mampu mengembangkan alternatif pembelajarannya dengan atau tanpa bantuan teknologi secara kolaboratif, sistematis, kreatif berpandu pada hasil penelitian terkini
CPMK-3 Mampu mengidentifikasi materi matematika yang sulit dibelajarkan guru atau sulit dipelajari siswa SMP/SMA dan mengembangkan alternatif pembelajarannya berbantuan teknologi secara kolaboratif dan kreatif
CPMK-4 Mampu mengidentifikasi ragam dan kemungkinan miskonsepsi matematis siswa SMP/SMA dan mendesain upaya perbaikannya yang berpandu pada hasil penelitian terkini
CPMK-5 Mampu mendesain tugas matematika SMP/SMA berbasis konteks dengan dan tanpa bantuan teknologi untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (berpikir kritis dan kreatif) secara mandiri dan bertanggungjawab