Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep, teori, prinsip, dan praktik kepemimpinan serta manajemen yang efektif dalam mengelola lembaga PAUD. Mahasiswa dipandu untuk menganalisis, mengkritisi, serta mengembangkan model kepemimpinan dan manajemen yang tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, dan berjiwa kewirausahaan sesuai konteks kebutuhan lokal, nasional, dan global. Melalui pendekatan berbasis proyek, kajian kasus, dan penelitian aplikatif, mahasiswa diharapkan mampu mengintegrasikan teori dan praktik dalam mengelola satuan PAUD, termasuk dalam merancang program, mengelola sumber daya manusia dan keuangan, membangun jejaring dengan masyarakat, serta melaksanakan supervisi pembelajaran yang berorientasi pada mutu layanan PAUD. Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan kompetensi kepemimpinan akademik dan manajerial yang profesional serta keterampilan meneliti dengan pendekatan inovatif di bidang kepemimpinan dan manajemen PAUD, sehingga mampu menghasilkan gagasan, strategi, dan model pengelolaan yang relevan dan aplikatif untuk pengembangan pendidikan anak usia dini di tingkat lokal, nasional, maupun internasional
Metode yang digunakan dalam Matakuliah ini adalah klarifikasi, ceramah, tanya jawab, pemberian tugas, presentasi mahasiswa perkelompok, diskusi kelas, pengembangan materi mandiri (obsservasi mandiri di lapangan / Lembaga PAUD)