Mata kuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang perkembangan anak dari berbagai perspektif teoritis dan budaya. Mata kuliah ini mengkaji berbagai pendekatan dalam memahami perkembangan anak, termasuk perspektif psikologi perkembangan, sosio kultural, biologis, kesehatan, ekologi, serta dampak dari lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Mahasiswa akan mempelajari teori perkembangan utama dan metode analisis yang mendukung penilaian perkembangan anak secara menyeluruh. Pembelajaran mencakup evaluasi faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik, kognitif, sosial, dan emosional anak usia dini, serta bagaimana perspektif yang berbeda ini berkontribusi pada strategi pembelajaran yang efektif dan inklusif di konteks pendidikan PAUD. Selain itu, mata kuliah ini juga menyoroti pentingnya pendekatan multiperspektif dalam merespons kebutuhan anak yang beragam, khususnya dalam konteks masyarakat multikultural. Mahasiswa akan dilatih untuk melakukan analisis kritis terhadap teori dan penelitian perkembangan, serta mempraktikkan keterampilan untuk mengaplikasikan pengetahuan tersebut dalam desain pembelajaran yang mendukung perkembangan optimal anak. Mata kuliah ini mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi ahli di bidang perkembangan anak dengan kemampuan analisis dan sintesis yang kuat, serta sensitivitas terhadap keragaman perkembangan anak di berbagai konteks sosial dan budaya. Luaran mata kuliah berupa tulisan di media massa tentang kajian multi perspektif perkembangan.