Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S2 PJJ Pendidikan Dasar
Universitas Negeri Surabaya
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada era revolusi industri 4.0 dan society 5.0 telah membawa perubahan mendasar dalam dunia pendidikan. Guru sebagai ujung tombak pendidikan dituntut tidak hanya memiliki kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian, tetapi juga kompetensi abad ke-21, seperti kemampuan berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, literasi digital, pemecahan masalah kompleks, serta adaptasi terhadap perubahan cepat. Kebutuhan ini menuntut institusi pendidikan tinggi untuk menghadirkan program yang fleksibel, inovatif, adaptif, dan relevan dengan perkembangan global.
Program Studi Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) S2 Pendidikan Dasar UNESA hadir sebagai jawaban atas tuntutan tersebut. Program ini memberikan akses pendidikan bagi guru di seluruh Indonesia, terutama mereka yang menghadapi keterbatasan geografis, waktu, dan biaya. Melalui pemanfaatan teknologi digital, pembelajaran daring memungkinkan proses belajar yang lebih terbuka, kolaboratif, terpadu, serta sesuai kebutuhan pembelajar dewasa. PJJ S2 Pendidikan Dasar diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan pendidikan dasar modern, memimpin transformasi sekolah, serta mengimplementasikan praktik pembelajaran inovatif berbasis teknologi. Karenanya, penyusunan kurikulum PJJ harus berbasis kebutuhan zaman, karakteristik pembelajaran jarak jauh, serta fokus pada capaian pembelajaran yang terukur dan relevan dengan profil lulusan yang diharapkan.
Perancangan kurikulum Program Studi PJJ S2 Pendidikan Dasar menggunakan pendekatan Outcomes-Based Education (OBE) sebagai kerangka utama. OBE memastikan bahwa setiap komponen pendidikan mulai dari perumusan profil lulusan, CPL, struktur kurikulum, proses pembelajaran, hingga asesmen benar-benar dirancang untuk menghasilkan luaran (outcomes) yang terukur dan sesuai kebutuhan pemangku kepentingan. Penerapan OBE pada program PJJ ini mencakup beberapa prinsip:
a. Berorientasi pada capaian pembelajaran (learning outcomes)
Capaian pembelajaran lulusan dirumuskan berdasarkan KKNI Level 8 dan SN-DIKTI, sehingga kompetensi lulusan mencerminkan kemampuan berpikir tingkat tinggi, penelitian berbasis pemecahan masalah pendidikan dasar, literasi teknologi, hingga kepemimpinan pendidikan.
b. Alignment dalam kurikulum
Seluruh elemen kurikulum mengikuti prinsip constructive alignment, yaitu keterkaitan logis antara CPL, bahan kajian, mata kuliah, metode pembelajaran, dan penilaian.
c. Pembelajaran berbasis pengalaman digital (experiential digital learning)
Sebagai program PJJ, pembelajaran dirancang berbasis pengalaman autentik yang memanfaatkan LMS, multimedia interaktif, diskusi sinkron dan asinkron, microlearning, project-based learning, serta asesmen digital.
d. Evaluasi berkelanjutan
OBE menekankan refleksi dan penyempurnaan kurikulum secara berkala berdasarkan hasil asesmen, umpan balik pengguna lulusan, serta perkembangan terbaru pendidikan dasar.
Pengembangan kurikulum Program Studi PJJ S2 Pendidikan Dasar UNESA merujuk pada berbagai landasan hukum nasional dan internasional sebagai berikut:
- Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
- Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan.
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-DIKTI).
- Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Level 8 sebagai acuan capaian pembelajaran program magister.
- Permendikbud Nomor 109 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh pada Pendidikan Tinggi.
- Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (sebagai referensi historis).
- Kebijakan UNESA mengenai pengembangan kurikulum berbasis OBE dan penerapan pembelajaran digital.
- Pedoman Pendidikan Jarak Jauh UNESA.
Landasan hukum ini memastikan bahwa kurikulum tersusun secara sah, relevan, dan memenuhi standar mutu nasional maupun perkembangan konsep global pendidikan jarak jauh.
Pengembangan kurikulum Program Studi PJJ S2 Pendidikan Dasar dilakukan melalui serangkaian proses sistematis untuk memastikan kesesuaian dengan kebutuhan dunia pendidikan serta karakteristik pembelajaran jarak jauh.