•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S2 PJJ Pendidikan Dasar Unesa

 
Program Studi  :  S2 PJJ Pendidikan Dasar
Tanggal Berdiri  :  15 Oktober 2023
Koordinator Program Studi  :  WAHYU SUKARTININGSIH
Visi Misi & Tujuan Program Studi S2 PJJ Pendidikan Dasar
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Menyelenggarakan Perkuliahan Jarak Jauh di Bidang Pendidikan Dasar yang Multidisipliner dalam Paradigma Konektivisme Berlandasan Nilai-Nilai Kearifan Lokal dan Multiliterasi Digital
Tujuan
  1. Menghasilkan lulusan pendidikan magister bidang pendidikan dasar melalui model Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) yang bermutu, inovatif, dan adaptif, berlandaskan paradigma analitik-praksis serta multiliterasi global dalam merespons perkembangan teknologi informasi.
  2. Menghasilkan penelitian unggulan di bidang pendidikan dasar dengan fokus pada etnopedagogi, literasi global, dan inovasi pembelajaran digital untuk menghasilkan karya ilmiah yang berdampak pada pengembangan teori dan praktik pendidikan.
  3. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat secara kolaboratif dan berbasis hasil penelitian untuk meningkatkan kualitas literasi, kapasitas kultural, dan kompetensi kewirausahaan masyarakat dengan dukungan model pembelajaran jarak jauh.
  4. Menghasilkan jaringan kemitraan strategis dengan institusi pendidikan, pemerintah, komunitas, dan industri pendidikan digital dalam rangka memperkuat ekosistem pembelajaran jarak jauh serta meningkatkan kualitas layanan akademik.

Nilai_dasar
Prodi PJJ S2 Pendidikan Dasar menegakkan nilai dasar yang mencerminkan ketangguhan dalam menghadapi tantangan pembelajaran jarak jauh, semangat kolaboratif dalam membangun kemitraan akademik, kemampuan adaptif terhadap perkembangan teknologi dan perubahan pendidikan, pemikiran serta tindakan inovatif dalam merancang solusi pembelajaran, dan sikap inklusif dalam memberikan akses pendidikan bagi semua peserta didik. Prodi ini juga menjunjung tinggi komitmen terhadap pembelajaran sepanjang hayat serta menumbuhkan jiwa kewirausahaan sebagai dorongan untuk terus berkembang. Selain itu, nilai kejujuran, keunggulan, daya adaptasi, kepekaan terhadap kebutuhan masyarakat, dan kemampuan analitik menjadi fondasi karakter yang membimbing seluruh sivitas akademika dalam melaksanakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian secara profesional dan berintegritas.
Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan magister bidang pendidikan dasar melalui model Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) yang bermutu, inovatif, dan adaptif, berlandaskan paradigma analitik-praksis serta multiliterasi global dalam merespons perkembangan teknologi informasi.
  2. Mengembangkan dan melaksanakan penelitian unggulan di bidang pendidikan dasar dengan fokus pada etnopedagogi, literasi global, dan inovasi pembelajaran digital untuk menghasilkan karya ilmiah yang berdampak pada pengembangan teori dan praktik pendidikan.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat secara kolaboratif dan berbasis hasil penelitian untuk meningkatkan kualitas literasi, kapasitas kultural, dan kompetensi kewirausahaan masyarakat dengan dukungan model pembelajaran jarak jauh.
  4. Membangun kemitraan strategis dengan institusi pendidikan, pemerintah, komunitas, dan industri pendidikan digital dalam rangka memperkuat ekosistem pembelajaran jarak jauh serta meningkatkan kualitas layanan akademik.

Capaian Lulusan Program Studi S2 PJJ Pendidikan Dasar
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-5 Mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau seni dalam bidang pendidikan dasar berbasis multiliterasi digital atau praktek profesionalnya melalui riset berbasis kearifan lokal hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-6 Mampu memecahkan permasalahan secara analisis praktik digital ilmu pengetahuan, teknologi dan atau seni dalam bidang pendidikan dasar melalui pendekatan interdisipliner
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-7 Mampu mengelola riset dan pengembangan dalam bidang pendidikan dasar berbasis multiliterasi digital yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-8 Mampu menemukan atau mengembangkan inovasi, kebijakan, dan pengelolaan pendidikan dasar melalui pendekatan interdisiplin
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-9 Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis praksis atau eksperimental terhadap informasi dan data
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-10 Mampu mengkomunikasikan hasil riset dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam pembelajaran yang inovatif dan kreatif bidang pendidikan dasar melalui publikasi diterbitkan di jurnal nasional (minimal Sinta 4) atau diterima di jurnal internasional
Dibebankan pada matakuliah:

Profil Lulusan Program Studi S2 PJJ Pendidikan Dasar
Universitas Negeri Surabaya

    Struktur Kurikulum S2 PJJ Pendidikan Dasar
    Universitas Negeri Surabaya

    Kurikulum PJJ 2025

    Semester ke 1

    Semester ke 2

    Semester ke 3

    Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
    1000004187 INTERNSHIP 4.00
    1000003185 PROPOSAL TUGAS AKHIR 3.00
    1000002104 SEMINAR PROPOSAL TUGAS AKHIR 2.00
    1000007108 TUGAS AKHIR 7.00
    Evaluasi Kurikulum Program Studi S2 PJJ Pendidikan Dasar
    Universitas Negeri Surabaya

    Evaluasi kurikulum Program Studi PJJ S2 Pendidikan Dasar bertujuan untuk menilai efektivitas, relevansi, dan kesesuaian kurikulum dalam mendukung pencapaian tujuan pembelajaran, sekaligus memastikan kesiapan mahasiswa dalam menghadapi dinamika pendidikan dasar di era digital. Evaluasi ini dilaksanakan secara berkelanjutan sebagai bagian dari peningkatan mutu akademik dan penjaminan kualitas pembelajaran jarak jauh.

    Relevansi Kurikulum:
    Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kurikulum telah disusun secara komprehensif untuk memenuhi kebutuhan aktual pendidikan dasar, meliputi penguasaan teori pendidikan, inovasi pembelajaran berbasis teknologi, pengembangan kurikulum, asesmen pembelajaran, serta kemampuan penelitian dalam konteks pendidikan dasar. Desain kurikulum juga telah diselaraskan dengan karakteristik pembelajaran jarak jauh, terutama pada aspek fleksibilitas, keterhubungan digital, dan aksesibilitas bagi mahasiswa di berbagai wilayah.

    Kesesuaian dengan Kebijakan Nasional:
    Kurikulum PJJ S2 Pendidikan Dasar telah menyesuaikan diri dengan standar yang diatur dalam Permendiktisaintek Nomor 39 Tahun 2025 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi. Regulasi tersebut menetapkan ketentuan mengenai beban studi mahasiswa magister yaitu minimal 56 SKS, yang telah diakomodasi dalam struktur kurikulum program studi. Penyesuaian ini memastikan bahwa kurikulum tetap berada dalam kerangka regulasi nasional sekaligus mendukung pencapaian Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang lebih kuat dan relevan.

    Kesiapan Menghadapi Tantangan PJJ:
    Evaluasi juga menegaskan bahwa kurikulum telah mengintegrasikan keterampilan multiliterasi, pemanfaatan teknologi pembelajaran, serta model-model interaksi akademik yang adaptif untuk mendukung pengalaman belajar jarak jauh yang efektif. Penguatan pada kompetensi analitik, kolaboratif, inovatif, dan responsif turut menjadi dasar dalam mempersiapkan lulusan agar mampu menjadi pemimpin perubahan di lingkungan pendidikan dasar.

    Rekap CPL Program Studi S2 PJJ Pendidikan Dasar
    Universitas Negeri Surabaya
    Nama Matakuliah Sks Capaian Lulusan (CPL) Total
    CPL1CPL2CPL3CPL4CPL5CPL6CPL7CPL8CPL9CPL10
    Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S2 PJJ Pendidikan Dasar
    Universitas Negeri Surabaya

    Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada era revolusi industri 4.0 dan society 5.0 telah membawa perubahan mendasar dalam dunia pendidikan. Guru sebagai ujung tombak pendidikan dituntut tidak hanya memiliki kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian, tetapi juga kompetensi abad ke-21, seperti kemampuan berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, literasi digital, pemecahan masalah kompleks, serta adaptasi terhadap perubahan cepat. Kebutuhan ini menuntut institusi pendidikan tinggi untuk menghadirkan program yang fleksibel, inovatif, adaptif, dan relevan dengan perkembangan global.

    Program Studi Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) S2 Pendidikan Dasar UNESA hadir sebagai jawaban atas tuntutan tersebut. Program ini memberikan akses pendidikan bagi guru di seluruh Indonesia, terutama mereka yang menghadapi keterbatasan geografis, waktu, dan biaya. Melalui pemanfaatan teknologi digital, pembelajaran daring memungkinkan proses belajar yang lebih terbuka, kolaboratif, terpadu, serta sesuai kebutuhan pembelajar dewasa. PJJ S2 Pendidikan Dasar diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan pendidikan dasar modern, memimpin transformasi sekolah, serta mengimplementasikan praktik pembelajaran inovatif berbasis teknologi. Karenanya, penyusunan kurikulum PJJ harus berbasis kebutuhan zaman, karakteristik pembelajaran jarak jauh, serta fokus pada capaian pembelajaran yang terukur dan relevan dengan profil lulusan yang diharapkan.

    Perancangan kurikulum Program Studi PJJ S2 Pendidikan Dasar menggunakan pendekatan Outcomes-Based Education (OBE) sebagai kerangka utama. OBE memastikan bahwa setiap komponen pendidikan mulai dari perumusan profil lulusan, CPL, struktur kurikulum, proses pembelajaran, hingga asesmen benar-benar dirancang untuk menghasilkan luaran (outcomes) yang terukur dan sesuai kebutuhan pemangku kepentingan. Penerapan OBE pada program PJJ ini mencakup beberapa prinsip:

    a. Berorientasi pada capaian pembelajaran (learning outcomes)

    Capaian pembelajaran lulusan dirumuskan berdasarkan KKNI Level 8 dan SN-DIKTI, sehingga kompetensi lulusan mencerminkan kemampuan berpikir tingkat tinggi, penelitian berbasis pemecahan masalah pendidikan dasar, literasi teknologi, hingga kepemimpinan pendidikan.

    b. Alignment dalam kurikulum

    Seluruh elemen kurikulum mengikuti prinsip constructive alignment, yaitu keterkaitan logis antara CPL, bahan kajian, mata kuliah, metode pembelajaran, dan penilaian.

    c. Pembelajaran berbasis pengalaman digital (experiential digital learning)

    Sebagai program PJJ, pembelajaran dirancang berbasis pengalaman autentik yang memanfaatkan LMS, multimedia interaktif, diskusi sinkron dan asinkron, microlearning, project-based learning, serta asesmen digital.

    d. Evaluasi berkelanjutan

    OBE menekankan refleksi dan penyempurnaan kurikulum secara berkala berdasarkan hasil asesmen, umpan balik pengguna lulusan, serta perkembangan terbaru pendidikan dasar.

    Pengembangan kurikulum Program Studi PJJ S2 Pendidikan Dasar UNESA merujuk pada berbagai landasan hukum nasional dan internasional sebagai berikut:

    1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
    2. Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan.
    3. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-DIKTI).
    4. Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Level 8 sebagai acuan capaian pembelajaran program magister.
    5. Permendikbud Nomor 109 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh pada Pendidikan Tinggi.
    6. Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (sebagai referensi historis).
    7. Kebijakan UNESA mengenai pengembangan kurikulum berbasis OBE dan penerapan pembelajaran digital.
    8. Pedoman Pendidikan Jarak Jauh UNESA.

    Landasan hukum ini memastikan bahwa kurikulum tersusun secara sah, relevan, dan memenuhi standar mutu nasional maupun perkembangan konsep global pendidikan jarak jauh.

    Pengembangan kurikulum Program Studi PJJ S2 Pendidikan Dasar dilakukan melalui serangkaian proses sistematis untuk memastikan kesesuaian dengan kebutuhan dunia pendidikan serta karakteristik pembelajaran jarak jauh.